Laporan Keuangan

      Laporan keuangan adalah laporan yang dijadikan bahan pertimbangan oleh pembuat keputusan, baik dari dalam ataupun luar perusahaan. Laporan keuangan disusun atas semua transaksi yang telah terjadi selama satu bulan yang lalu.
Tujuan :
v  Untuk memberikan informasi perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat dipercaya
v  Untuk memberikan jumlah aktiva neto (harta bersih, aktiva-beban) suatu perusahaan dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba
v  Untuk menyajikan informasi mengenai potensi perusahaan dalam menghasilkan laba di masa yang akan datang

Syarat :
A .Mudah dipahami
            Setiap laporan keuangan yang dibuat haruslah jelas dan mudah dipahami agar para pembuat keputusan yang menggunakkan laporan ini dapat menggunakan laporan keuangan secara maksimal.

B .Relevan
            Informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai. Informasi yang dibuat harus memiliki kaitan dengan keadaan keuangan masa lalu, masa sekarang dan untuk masa depan.

C .Memiliki daya uji
            Artinya laporan keuangan disusun berdasarkan konsep serta prinsip akuntansi yang dianut. Sehingga dapat diuji kebenarannya.

D .Netral
            Setiap laporan keuangan yang dibuat harus bersihat netral / tidak memihak kepada seseorang/sekelompok orang dengan tujuan tidak terjadi penyalahgunaan informasi.

E .Tepat waktu
            laporan keuangan harus disajikan sedini dan secepat mungkin. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penundahan atas pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan potensi perusahaan.

F .Mempunyai daya banding
            Artinya laporan keuangan yang dibuat berbeda setiap tahunnya dapat diukur perbedaannya. Atau laporan keuangan tahun ini dapat dibandingkan dengan laporan keuangan pada perusahaan lain. Dengan begitu, penganbil perushaan dapat kembali mengevaluasi perusahaannya.

G.Lengkap
            Laporan keuangan harus memiliki kelengkapan informasi tanpa ada kesalahan sedikitpun. Dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan saat pengambilan keputusan oleh pengambil keputusan.


Jenis laporan keuangan
1.      Neraca
2.      Laporan laba/rugi
3.      Lapran perubahan modal

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.